Belasan Rumah Permukiman Padat Penduduk di Samarinda Ludes Terbakar

Maskaryadiansyah
.
Kamis, 01 September 2022 | 23:20 WIB
Belasan Rumah di Samarinda Ludes Terbakar (Foto : inews.id/Maskaryadiansyah)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - iNewsSamarinda.id Warga Jalan AM Sangaji, Gang 17 Kelurahan Bandara, Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda Kamis (1/9) malam dikagetkan dengan kobaran api yang berada di salah satu rumah bangsalan. Kontan saja kebakaran ini membuat warga kalang kabut dan berusaha meyelamatkan harta benda mereka.

Dari kesaksian warga. Api mulai berkobar sekitar pukul 21.45 Wita. Awal api diduga dari salah satu bangsal yang ada di ujung gang. Tiupan angin yang cukup kencang membuat api semakin membesar dan merambat kebangunan rumah yang rata-rata terbuat dari kayu.

"Saya pas lagi tiduran. Dengar suara orang berteriak. Saat keluar api sudah membesar dirumah bangsal itu," kata Samsul (32).

Bergegas Samsul bersama warga keluar dari gang dan meminta tolong. Sembari itu, Samsul dan keluarga satu persatu mengeluarkan barang berharga lantaran api sudah sangat dekat dengan kediamannya.

Disisi lain, petugas pemadam kebakaran bersama relawan yang tiba di lokasi kejadian langsung menarik selang ke dalam gang untuk memadamkan kobaran api, hingga pukul 22.50 Wita. Petugas masih melakukan upaya pemadaman.

"Kami menerima informasi adanya kebakaran di permukiman ini. Kami turunkan lima posko dibantu relawan untuk membantu proses pemadaman," kata Makmur Santoso, Sekretaris Disdamkar Kota Samarinda.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan sedikitnya ada belasan rumah yang ludes terbakar.

Selama proses pemadaman, sulitnya titik air dan banyaknya warga yang menonton menjadi kendala di lapangan. Dugaan sementara api berasal dari rumah bangsal yang ada diujung gang. 

"Diperkirakan belasan rumah terbakar. Tapi pastinya akan dilakukan pendataan, kembali," jelas Makmur. 

Editor : Maskaryadiansyah
Bagikan Artikel Ini