get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Kaltim Mahyudin Akan Siapkan Infrastruktur Konsep Three City Penunjang IKN

Ketua Komisi II DPRD: Green Ekonomi sebagai Pilar Kaltim

Rabu, 18 Oktober 2023 | 21:56 WIB
header img
Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono atau yang dikenal sebagai Tio mengekspresikan pandangan tegas dan bersemangat mengenai green ekonomi dan investasi di Benua Etam.

Menurutnya, sisi tersebut dapat menjadi pondasi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

"Dalam pandangan saya, green ekonomi adalah konsep yang sangat penting untuk masa depan Kalimantan Timur. Kami tidak hanya melihatnya sebagai sektor Sumber Daya Alam (SDA), tetapi sebagai pondasi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Investasi adalah kunci dalam mewujudkan visi ini,” katanya.

Dirinya mengaku sangat senang melihat tren positif dalam aliran investasi, baik asing maupun domestik, yang masuk ke Kaltim.

Investasi ini adalah bukti nyata bahwa wilayah kami adalah destinasi yang menjanjikan bagi para pemangku kepentingan.

Meski begitu, Tio menekankan bahwa green ekonomi bukan hanya sekedar rencana biasa, namun perlu keterlibatan aktif investor dalam memajukan Benua Etam lebihnya. 

“Saya ingin menekankan bahwa Green Ekonomi lebih dari sekadar angka-angka investasi. Kami menginginkan para investor untuk berperan aktif dalam memajukan Kaltim,” tuturnya.

Dijelaskan, hal tersebut berarti mengambil bahan baku di wilayah Kaltim, namun tetap membangun infrastruktur di daerah tersebut, dan membantu memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Menurutnya, dengan cara ini, investasi akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Kaltim. 

“Kami tidak ingin melihat pola lama, di mana bahan baku diambil dari sini tetapi proses produksi dilakukan di tempat lain,” ujar Tio. 

Tio meyakini, green ekonomi adalah tentang memberikan manfaat yang nyata kepada warga setempat, menciptakan peluang kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Dalam prosesnya, kerja sama antara pemerintah daerah, investor, dan komunitas lokal sangat penting. 

“Kami ingin Kaltim menjadi contoh dalam praktik green ekonomi yang bertanggung jawab. Kami menyadari bahwa ini adalah perjalanan jangka panjang yang memerlukan komitmen bersama. Namun, dengan semangat yang tinggi dan tekad kuat, kami yakin bahwa kita dapat mencapai tujuan besar dalam mewujudkan green ekonomi yang berkelanjutan di Kaltim,” ujar Tio.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut