Logo Network
Network

Wakil Ketua DPRD Kaltim Harap Capres-Cawapres Prioritaskan Kedaulatan Pangan

Sekar Paring Gusti
.
Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:02 WIB
Wakil Ketua DPRD Kaltim Harap Capres-Cawapres Prioritaskan Kedaulatan Pangan
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang menekankan pentingnya kedaulatan pangan sebagai prioritas utama bagi calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan bersaing dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Dalam pernyataannya, Samsun menegaskan bahwa negara harus menjaga ketersediaan dan akses pangan memadai bagi seluruh rakyat Indonesia dan ini menjadi komitmen yang tidak tergantung pada perubahan dalam kabinet pemerintahan.

Menurut Samsun, kedaulatan pangan adalah tanggung jawab negara untuk memastikan bahwa rakyat Indonesia tidak bergantung pada satu individu atau lembaga dalam masalah pangan, terutama jika ada masalah hukum yang melibatkan pejabat kabinet. Hal tersebut ditekankan sebagai langkah kunci untuk memastikan bahwa ketahanan pangan tidak akan terpengaruh oleh perubahan politik.

Dia mencatat beberapa pendekatan yang dapat diambil untuk mencapai ketahanan pangan, termasuk melalui impor, mendatangkan sumber pangan dari luar daerah, atau meningkatkan produksi dalam negeri.

Samsun menekankan bahwa Kalimantan Timur memiliki potensi besar untuk mencapai swasembada pangan karena luasnya lahan Bumi Etam. Dia mendorong partisipasi aktif masyarakat Kaltim dalam menjaga dan meningkatkan ketersediaan pangan di daerah mereka.

“Kedaulatan pangan adalah hak rakyat dan tanggung jawab negara,” ujar Samsun.

Ajakannya untuk bersama-sama menanam dan panen hasil bumi yang subur dan berlimpah adalah panggilan untuk memastikan bahwa daerah ini tidak terlalu bergantung pada impor atau pasokan dari luar daerah.

Pernyataan kuat dari seorang pemimpin legislatif regional seperti Samsun telah menjadi sorotan di seluruh negeri, memicu diskusi tentang pentingnya kebijakan pangan yang kokoh dan berkelanjutan di tingkat nasional. 

Dalam tahun mendatang, perhatian terhadap kedaulatan pangan mungkin akan menjadi salah satu fokus utama dalam perencanaan kebijakan di tingkat regional dan nasional. 

Samsun berharap agar para capres-cawapres yang akan maju dalam Pilpres 2024 memiliki visi jelas tentang masalah ini guna memastikan masa depan pangan  lebih aman dan berkelanjutan untuk rakyat Indonesia.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Samarinda di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.