get app
inews
Aa Read Next : Hadir 86 Titik di Indonesia, SPEKTRA FAIR Permudah Warga Dapatkan Kebutuhan Rumah Tangga

3 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Jum'at, 22 Maret 2024 | 12:09 WIB
header img
3 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak (Foto : Istimewa)

iNewsSamarinda.id – Doodle.id - Kebutuhan terhadap teknologi merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini, hal ini disebabkan karena teknologi sangat dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Salah satu produk aplikasi teknologi informasi yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan yang paling berkembang pada saat ini adalah gadget. Mengatasi kecanduan gadget pada anak bukan perkara yang mudah. Padahal jika tidak segera diatasi, kecanduan gadget bisa mengganggu perkembangan anak. Bagaimana caranya, apa yang harus dilakukan? Simak obrolan bersama Doodle Exclusive Baby Care berikut ini.

Memang kalau ngomongin gadget tidak hanya anak-anak saja, bahkan semua umur. Sebelum masa pandemi gadget sudah dikenal, semakin marak sejak pandemi dimana kontak fisik dibatasi gadget menjadi penting sekali untuk semua terutama anak-anak. Hal inilah yang berpengaruh kepada anak-anak. Hal tersebut disampaikan dr. Rurin Dwi Septiana, Sp. A dalam live bersama Doodle Exclusive Baby Care beberapa waktu lalu.

Menurut Rurin, karena anak-anak tidak mengerti isi dari handphone hanya tau main melihat gambar, game, yang jatuhnya pada kecanduan. Kecanduan ini menjadi pengaruh jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek akan membuat mata yang pedih, kelelahan, gangguan pola tidur, pola makan, emosional, gadget dapat mempengaruhi segala segi sisi kehidupan seorang anak.

“Ada beberapa batasan-batasan berapa lamanya waktu yang dihabiskan anak untuk gadget. Karena Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah merelease rekomendasi untuk penggunaan gadget dibawah 1 tahun tidak disarankan sama sekali memainkan gadget, 1hingga 2 tahun boleh, tetapi tidak disarankan, 2 sampai 6 tahun punya waktu maksimal 1 jam memainkan gadget dalam sehari, 6 sampai 12 tahun memiliki waktu maksimal 1,5 jam dalam sehari, 12 sampai 18 tahun 2 jam dalam sehari. Coba diingat berapa lama waktu anak yang dihabiskan bersama gadget, inilah waktu yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Sering kali anak diusia dibawah 2 tahun ketika nangis yang diberikan gadget,”terangnya.


3 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Dokter yang berpraktek di RS Permata Hati Palangkaraya tersebut menjelaskan jika sebenarnya gadget diciptakan untuk membantu manusia, yang merupakan kemajuan teknologi dan bisa diambil manfaatnya hanya jika penggunaannya berlebihan dan tidak terkontrol menjadi tidak bagus. Terkadang anak-anak sering kali sulit mengartikan apa yang ditonton pada masing-masing anak berbeda permasalahan.

“Misalnya anak dibawah 5 tahun belum bisa mengartikan apa yang mereka lihat. Kemudian waktu anak melihat kenyataannya berbeda jauh dengan apa yang dilihat pada gadget. Secara fisik handphone memberikan radiasi yang membuat mata kering apalagi saat bermain game. Selain itu membuat jadwal makan dan tidur siang terganggu. Selain itu anak menjadi pemarah, karena handphone diambil. Jika terjadi secara terus menerus akan membuat mental anak dan orangtua menjadi tidak bagus,”tambahnya.

Tips untuk orang tua supaya anak tidak kecanduan gadget :

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut