get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Kaltim Mahyudin Akan Siapkan Infrastruktur Konsep Three City Penunjang IKN

Dukung Visi Indonesia Emas 2045, Kadin Indonesia Langsungkan Upacara HUT RI Ke-78 di IKN

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:18 WIB
header img
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid bersama Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susanto Dukung Visi Indonesia Emas 2045 (Foto : Istimewa)

Dalam hal sumber daya manusia (SDM), Indonesia akan menikmati bonus demografi pada 2030 ketika jumlah penduduk usia produktif diperkirakan mencapai 68,3% dari total populasi. Selain itu, Indonesia juga diuntungkan dengan sumber daya alam dan biodiversitas yang melimpah, termasuk cadangan nikel yang terbesar di dunia yakni sebanyak 21 juta ton dan sumber daya energi baru terbarukan (EBT) hingga 3.600 gigawatt.

Beberapa faktor masih perlu dioptimalisasi antara lain untuk meningkatkan produktivitas SDM dan menjamin penyebaran talenta ahli dan terampil yang merata di seluruh Indonesia. Di samping itu, digitalisasi juga masih perlu didorong dengan meningkatkan kesadaran dan literasi masyarakat demi mewujudkan dampak yang lebih besar.

Meskipun dihadapkan beberapa tantangan, semangat untuk mengatasi biaya logistik yang tinggi dan memajukan UMKM untuk dapat naik kelas membawa harapan bagi pertumbuhan ekonomi. Terdapat tekad kuat untuk menggeser fokus dari ekspor bahan baku menjadi produk bernilai tambah melalui hilirisasi industri, sambil mendorong usaha mikro untuk naik kelas, semua bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Mengenai kehadiran Kadin Indonesia di IKN tepat pada perayaan HUT RI ke-78 hari ini bersama dengan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN), Arsjad mengatakan bahwa ini merupakan sebuah bentuk nyata komitmen kami akan masa depan indonesia yang sejahtera ekonominya, dengan menjadi negara berkekuatan ekonomi ke-4 dunia, tangguh pada sektor pangan dan kesehatan, berkelanjutan dalam misi mencapai emisi nol bersih serta inklusif bersatu padu, bergotong royong dalam pembangunan. 

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut