get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Jelaskan Pentingnya Kelangsungan Sistem Pangan Negara

DPRD Kaltim Bahas Perubahan Perusda Jadi Perseroda dan Kemandirian Pangan

Rabu, 18 Oktober 2023 | 22:43 WIB
header img
Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Usai menghadiri rapat bersama, Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Timur Nidya Listiyono menyampaikan sejumlah poin hasil dari pembahasan aspek penting dalam perubahan bentuk badan usaha Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi Perseroan Terbatas Daerah (Perseroda) bersama beberapa pihak terkait di Hotel Novotel Balikpapan. 

Salah satu poin utama yang dibahas adalah substansi dari proses perubahan badan usaha tersebut. Selain itu, peran Pemprov Kaltim dan DPRD Provinsi Kaltim dalam proses perubahan ini menjadi fokus pembahasan. 

Dalam proses perubahan tersebut, klausul-klausul akan dimasukkan dalam rancangan Peraturan Daerah (Perda) yang mengharuskan badan usaha ini untuk mendapatkan persetujuan dari DPRD Kaltim sebelum melakukan penambahan modal.

"Ketika badan usaha ini berubah menjadi Perseroda, maka kewenangan tertingginya ada pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan undang-undang PT. Meskipun bukan PT konvensional, namun pernyataan modalnya harus mendapatkan persetujuan dari DPRD Kalimantan Timur. Klausal ini harus dimasukkan dalam rancangan Perda agar tidak terjadi penambahan modal secara sembarangan,” ujar Nidya Listiyono.

Proses perubahan bentuk badan usaha Perusda menjadi Perseroda telah mencapai tahap finalisasi pasal-pasal yang akan mengatur berbagai aspek terkait dengan badan usaha ini. 

“Ini merupakan langkah penting untuk memberikan kerangka hukum yang jelas mengenai proses perubahan ini,” kata Tio sapaan karibnya.

Salah satu aspek penting yang dibahas adalah kemandirian pangan di Kalimantan Timur. Dalam konteks ini, Nidya Listiyono menekankan perlunya upaya hilirisasi terkait pangan, termasuk mengoptimalkan lahan pertanian dan mendukung perusahaan daerah agar dapat berperan dalam sektor pangan. Tujuannya adalah agar masyarakat tidak mengalami kekurangan pangan di masa mendatang.

Nidya Listiyono berharap, dengan perubahan menjadi PT, badan usaha ini akan memiliki fitur-fitur yang mendukung pengembangan yang lebih luas dan terbuka. 

"Jangkaunya akan lebih luas, dan ruang geraknya akan lebih besar," tuturnya.

Dalam proyek ini, DPRD Kaltim berharap agar target selesai tahun ini dapat tercapai. 

Rancangan Perda yang sedang dibahas ini diharapkan dapat menjadi dasar hukum yang solid untuk mengatur perubahan bentuk badan usaha Perusda menjadi Perseroda, serta untuk mendukung kemandirian pangan di Kalimantan Timur.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut