get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Harap Capres-Cawapres Prioritaskan Kedaulatan Pangan

Studi Banding ke Yogyakarta, DPRD Kaltim Rancangkan Agenda Baru

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:16 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendampingi Banmus lakukan studi banding ke DPRD Yogyakarta. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendampingi Badan Musyawarah (Banmus) melakukan kunjungan ke DPRD Yogyakarta dalam rangka studi banding terkait penjadwalan kegiatan dewan.

Samsun mengatakan, ada beberapa kegiatan DPRD yang perlu disinkronisasi di Kaltim dengan mengacu dari pengalaman wakil rakyat di DPRD provinsi lain (di luar Kaltim).

“Misalnya ada kunjungan kerja dapil, ini di Kaltim masih belum teragendakan,” kata Samsun.

Wakil rakyat dapil Kutai Kartanegara ini menuturkan, bahwa Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) di Kaltim sudah teragendakan, namun untuk Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) belum teragendakan.

“Sospernya di sana (Yogya) satu bulan empat kali, kalau di Kaltim sebulan hanya satu kali,” tutur Samsun.

Padahal, kegiatan sosialisasi seperti itu dilakukan dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi DPRD, bagaimana fungsinya sebagai perwakilan rakyat dan untuk menjadi perwakilan rakyat yang diwujudkan dalam interaksi bersama rakyat pula.

Samsun mengaku, kalau selama ini cara pendekatan bersama rakyat kerap dilakukan dengan gelaran serapan aspirasi atau reses yang dilakukan dalam kurun waktu empat bulan sekali atau satu kali masa sidang. 

Hal itu dirasa masih kurang banyak momen yang diciptakan untuk terus bertemu dan berkumpul dengan masyarakat guna menyerap aspirasi dan sebagainya.

“Nah itu mesti dijadwalkan dalam Banmus, maka dari itu kita mencari refrensi dan selama refrensi itu bermanfaat maka kita akan lakukan,” ujarnya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut