get app
inews
Aa Read Next : Luncurkan BUMRT, Cara Walikota Samarinda Andi Harun Tekan Kemiskinan di Samarinda

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Solusi Untuk Mengurai Kemacetan Kota Samarinda

Kamis, 29 Februari 2024 | 06:38 WIB
header img
Presiden Jokowi Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Solusi Untuk Mengurai Kemacetan di Kota Samarinda (Foto : Istimewa)

iNewsSamarinda.id - SAMARINDA - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Dalam sambutannya kunjungan ke Samarinda menyinggung masalah kemacetan jalan yang dihadapi banyak daerah di Indonesia, termasuk kota Samarinda.

Kondisi tersebut, menurut Jokowi, tak lepas dari faktor masifnya penggunaan kendaraan pribadi.

“Kalau kita lihat dari kota ke kota di mana pun sekarang ini macet. Termasuk saya lihat di Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin,” ucapnya saat meresmikan Terminal Penumpang Tipe A Samarinda Seberang pada Rabu (28/2/2024) sore.

Bersamaan dengan peresmian fasilitas tersebut, Jokowi mendorong pemanfaatan transportasi massal kepada masyarakat luas. Harapannya, penggunaan kendaraan pribadi akan terus berkurang pada masa mendatang.

Keberadaan fasilitas umum, semacam Terminal Penumpang Tipe A di Samarinda Seberang, menurutnya, bakal menuntut pemerintah daerah untuk menyediakan sistem transportasi massal yang layak kepada masyarakat.

“Tadi Pak Wali juga nyampaikan, dulunya (kawasan) ini kumuh sekali, di mana-mana terminal musti kotor, tidak tertata, banyak premannya itu sudah di mana-mana. Tapi melihat sekarang, saya senang terminalnya bersih, terminalnya rapi, tertata,” pungkas Jokowi dalam pidatonya.

Operasional terminal di Samarinda Seberang diharap mendukung segala aktivitas masyarakat termasuk UMKM.

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut