get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Kaltim Mahyudin Akan Siapkan Infrastruktur Konsep Three City Penunjang IKN

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Kembali Mengingatkan Pentingnya Kemandirian Pangan di Kaltim

Minggu, 17 Maret 2024 | 12:00 WIB
header img
Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik Kembali Mengingatkan Pentingnya Kemandirian Pangan di Kalimantan Timur. (Foto : Istimewa)

"Karena itu perlu kerja sama dengan daerah lain. Tapi dalam jangka panjang kita perlu membudayakan semangat bertani. Kalau kita abai, ini tidak baik untuk masa depan," tegasnya lagi.

Pertanyaan selanjutnya kata Akmal, seberapa lama kekuatan fiskal Kaltim itu mampu menahan. Sebab itu, Kaltim harus bisa menyiapkan produksi pangannya sendiri.

"Dua bisnis yang tidak akan pernah mundur. Yaitu energi dan pangan. Ini perlu dicatat, orang bisa hidup tanpa listrik, tapi tidak tanpa nasi," selorohnya.

"Apa kita bisa terus menjaga pasar? Ingat, ketersediaan itu tergantung uang. Maka tidak ada salahnya kita membangun budaya bertani. Pilihannya ya bertani modern," sambung Akmal.

Lebih jauh dijelaskan Akmal, fiskal besar itu bisa melenakan. "Kita harus antisipasi kemungkinan terburuk," pesan Akmal.

"Fiskal besar itu bisa didorong untuk membangun infrastruktur pertanian. Embung, bendungan dan lainnya," paparnya. (Humas Pemprov Kaltim)

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut