get app
inews
Aa Read Next : Mahyudin Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacagub ke DPW Partai PKB Kaltim

Bacagub Kaltim Mahyudin Akan Siapkan Infrastruktur Konsep Three City Penunjang IKN

Senin, 22 April 2024 | 20:06 WIB
header img
Bacagub Kaltim Mahyudin Akan Siapkan Infrastruktur Konsep Three City Penunjang IKN (Foto : Istimewa)

iNewsSamarinda.id - JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Mahyudin mengatakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kaltim jangan hanya bertumpu pada sektor pertambangan dan penggalian, tapi harus disiapkan penguatan pada sektor hilirisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tahun 2010 PDRB Kaltim bergantung terhadap pertambangan dan penggalian sebesar 49,87 persen. Kemudian pada tahun 2022 itu naik menjadi 52,43 persen," ujar Mahyudin dalam diskusi Inspirasi untuk Bangsa terkait Siapkan Ekonomi Kaltim Paska Tambang, Sabtu (21/4).

Sementara itu, dari PDRB industri pengolahan pada 2010 adalah 24,66 persen, pada 2022 turun menjadi 15,54 persen. 

"Jadi tantangannya saat ini PDRB Kaltim bergantung pada pertambangan dan penggalian. Sedangkan SDA ini sudah pasti habis. Kita bisa bayangkan bahwa mineral ini akan habis, yang pastinya Kaltim akan mengalami penurunan pendapatan. Itu ancaman yang cukup serius," lanjut Mahyudin yang juga Wakil Ketua DPD RI ini.

Menurutnya, Kaltim saat ini berada dalam dua tantangan besar, yaitu mencari sumber pendapatan lain dari SDA yang bisa diperbaruhi dan pendapatan yang bertumpu pada sumber daya manusia.

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut