SEKEJAB Resmi DiluncurAkan, Pemkab Kukar Optimalkan Tata Kelola Pemerintahan

Samarinda.inews.id - Balikpapan – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat tata kelola pemerintahan dengan meluncurkan aplikasi Sistem Evaluasi Kelembagaan dan Analisis Jabatan (SEKEJAB).
Peluncuran aplikasi inovatif ini dilakukan di Grand Ballroom Hotel MAXONE, Balikpapan, bertepatan dengan Rapat Koordinasi Bidang Organisasi se-Kabupaten Kutai Kartanegara 2024.
Aplikasi SEKEJAB dihadirkan untuk merancang struktur organisasi pemerintahan yang lebih efisien dan memastikan setiap jabatan diisi oleh individu yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan.
9Asisten III Sekretariat Daerah Kukar, Dafip Haryanto, menegaskan pentingnya analisis jabatan dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.
“Dengan aplikasi ini, kita bisa menyusun kebutuhan pegawai secara lebih tepat dan akurat. Setiap jabatan dapat diisi oleh orang yang benar-benar memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan tugasnya,” ujar Dafip, Jumat (8/11/2024).
Dafip juga menjelaskan bahwa aplikasi SEKEJAB mempermudah penyusunan Analisis Jabatan (ANJAB), sebuah proses krusial dalam perencanaan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, data yang tersaji dalam aplikasi ini akan mendukung perangkat daerah dalam menyesuaikan kebutuhan pegawai berdasarkan kondisi faktual di lapangan.
“Saya sangat mengapresiasi kehadiran SEKEJAB. Ini akan membantu menyusun ANJAB secara sistematis, meningkatkan produktivitas, serta mendukung pelayanan publik yang optimal,” tambahnya.
Editor : Maskaryadiansyah