get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Akmal Malik Sambangi Bandara SAMS Tinjau Arus Mudik Lebaran

Lepas Ekspor Ke Singapura dan Eropa, Akmal : Luar Biasa, Pisang Kutim Berkali-kali Enaknya

Kamis, 01 Februari 2024 | 20:07 WIB
header img
Lepas Ekspor Ke Singapura dan Eropa, Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik : Luar Biasa, Pisang Kutim Berkali-kali Enaknya (Foto : Istimewa)

iNewsSamarinda.id - KUTAI TIMUR -  Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik melepas ekspor perdana produk UMKM dari Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur. Ekspor produk turunan pisang itu berupa frutiboks dan kalbana.

Pj Gubernur Akmal Malik memuji kreativitas pelaku UMKM Desa Selangkau. Menurutnya, produk olahan Pisang Kepok Grecek andalan Kutai Timur itu memang layak bersaing di pasar global.

"Saya tadi tidak mau naik (pidato) kalau belum ada produk olahan pisangnya. Ternyata rasanya memang luar biasa,"  puji Akmal Malik mengawali sambutannya di Kantor Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kamis (1/2/2024).

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu lalu mengisahkan pengalamannya menikmati cemilan lezat seperti frutiboks dan kalbana itu saat berada di Korea Selatan.

"Saya tidak menyangka, ternyata  menemukan hal yang sama di pelosok sini," ungkap Akmal.

"Jujur, saya tidak menyesal datang ke sini. Saya menemukan keterbaruan di sini. Ini produk premium. Jujur ini enak sekali. Berkali-kali enaknya," puji Akmal lagi langsung disambut applaus warga Selangkau. 

Kekaguman Pj Akmal Malik masih berlanjut. Menurutnya, produk olahan pisang ini lompatannya luar biasa, karena bisa langsung ekspor ke luar negeri.

"Saya saja perlu waktu 30 tahun sejak menjadi pegawai negeri untuk bisa ke luar negeri. Tapi pisang Selangkau ini hanya perlu satu tahun sudah bisa ke luar negeri," puji Akmal lagi.

Melihat gairah para pelaku UMKM di Selangkau, Akmal optimis produk olahan pisang dari Kutai Timur akan mampu mengalahkan Brazil dan Philipina. 

Editor : Maskaryadiansyah

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut