get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Dorong Penegakan Hukum Terkait Peraturan Lalu Lintas

Masa Jabatan Isran-Hadi akan Berakhir, DPRD Diminta Segera Calonkan Nama Pj Gubernur

Selasa, 30 Mei 2023 | 20:24 WIB
header img
Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur akan segera berakhir, DPRD diminta segera calonkan tiga nama Pj Gubernur. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Masa jabatan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur H Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi akan berakhir pada 30 September 2023. Artinya, setelah itu akan ada pejabat pelaksana tugas (Pj) Gubernur Kaltim untuk menggantikan posisi sementara hingga ditetapkannya nama gubernur selanjutnya.

Tim Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Kaltim Tahun 2022 juga singgung hal tersebut dalam Rapat Paripurna ke-16 DPRD Kaltim, Senin (22/5/2023). 

Pansus menyatakan bahwa Lembaga DPRD Kaltim memiliki hak untuk mencalonkan tiga nama sebagai PJ Gubernur, sehingga ini menjadi rekomendasi tim pansus agar dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun membenarkan hal tersebut. Meski begitu, prosesnya bukan berarti hanya sekedar mengusulkan nama saja, tetapi harus ada kesepakatan bersama Lembaga DPRD.

Kesepakatan bersama ini juga biasanya mengacu pada hasil rapat pimpinan (rapim) semua fraksi yang ada di DPRD Kaltim.

“Ketika kita sudah diminta oleh Mendagri pasti ada prosesnya. Kita tidak asal kemudian mengusulkan, paling tidak di rapim, kalua keputusan tertinggi di paripurna. ang pasti mendapatkan persetujuan di semua pimpinan fraksi karena yang mempunyai suara di DPR ialah fraksi. Tidak bisa perorangan,” kata Muhammad Samsun.

Menyinggung nama-nama yang akan dicalonkan, Samsun menegaskan saat ini belum ada nama yang pasti. Namun, karena Lembaga DPRD juga mempunyai hak untuk mencalonkan PJ Gubernur, maka berbarengan dengan penyampaian hasil kerja pansus LKPJ Gubernur 2022, pansus rekomendasikan untuk DPRD segera mengambil Langkah selanjutnya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut