get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Jelaskan Pentingnya Kelangsungan Sistem Pangan Negara

Peringati Bulan Bung Karno, 120.000 Kader PDIP Akan Gelar Apel Akbar di Stadion GBK

Rabu, 21 Juni 2023 | 20:32 WIB
header img
PDIP akan menggelar peringatan Bulan Bung Karno pada 24 Juni 2023 dengan mengadakan apel akbar di Lapangan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNewsSamarinda.id - Bulan Bung Karno yang diperingati setiap Juni menjadi kesan tersendiri bagi Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP). Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sekaligus Bendahara DPD PDIP Kaltim Muhammad Samsun mengemukakan, peringatan Bulan Bung Karno setiap Juni karena memang adanya rangkaian sejarah dari Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut.

Hal ini dimulai dari hari lahirnya Soekarno atau yang dikenal sebagai Bung Karno, yaitu pada 12 Juni dan wafat di 16 Juni. Lalu, pada 1 Juni 1945, Bung Karno sempat menyampaikan pidato yang begitu fenomenal, serta menjadi falsafah dan dasar negara, yaitu Pancasila. Maka dari itu, setiap 1 Juni menjadi peringatan Hari Lahir Pancasila dengan dilaksanakannya upacara bendera.

“Karena banyaknya rangkaian sejarah di bulan Juni ini berkaitan dengan Bung Karno, maka kami PDIP selalu memperingatinya dengan sebutan Bulan Bung Karno,” kata Muhammad Samsun.

Samsun mengatakan bahwa rangkaian Bulan Bung Karno ini dimulai sejak 1 Juni dan akan berakhir di akhir bulan.

Sebagai informasi, Bung Karno juga merupakan founding father dari partai PDIP, sehingga pada tanggal 24 Juni 2023, PDIP akan menggelar puncak acara dengan mengadakan apel akbar di Lapangan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Puncak acara ini akan diikuti seluruh kader partai PDIP seluruh Indonesia dengan jumlah sekitar 120.000 orang.

“Insya Allah semua akan berkumpul di GBK,” ujarnya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut