get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Jelaskan Pentingnya Kelangsungan Sistem Pangan Negara

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Fokus Bangun Stabilitas Ketahanan Pangan

Senin, 03 Juli 2023 | 20:15 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Muhammad Samsun fokus menjadikan Kalimantan Timur sebagai provinsi yang stabil dalam ketahanan pangan. (Foto: dok DPRD Kaltim)

SAMARINDA, iNews.id - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun fokus menjadikan Kalimantan Timur sebagai provinsi yang stabil dalam ketahanan pangan. Samsun menyatakan, pihaknya sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara terus mengupayakan semaksimal mungkin untuk bagaimana petani-petani Bumi Etam memperoleh bantuan dari pemerintah, baik secara keuangan maupun belanja langsung. 

“Kita upayakan semaksimal mungkin untuk bagaimana membantu petani-petani Bumi Etam,” kata Samsun. 

Menurutnya, pemerintah bisa memberikan bantuan kepada petani yang dananya dapat dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota.

Samsun juga menyebutkan, dalam anggaran 2023, pihaknya masih terus memperjuangkan apa yang bisa diperjuangkan untuk ketahanan pangan di Kalimantan Timur.

“Di 2023 ini kita banyak sekali program yang coba kita arahkan ke arah sana (pembangunan ketahanan pangan Kaltim)," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampikan ucapan syukurnya karena pada 2023 ini pihaknya akan mendedikasikan bantuan kepada para petani yang tersebar di Kutai Kartanegara (Kukar) dengan nilai anggaran Rp25 miliar.

“Dan Alhamdulilah ini, Rp25 miliar mau kita dedikasikan buat petani petani Kukar,” ucap Samsun.

Petani-petani yang telah diusahakan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah adalah mereka yang telah tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan Poktan (Kelompok Tani).

“Jumlahnya saya yakin lebih dari 300 kelompok tani yang tersebar di Kutai Kartanegara dan tergabung dengan adanya program pemerintah," ucap Samsun.

Menjadi harapan besar Samsun agar program bantuan pemerintah ini bisa berkesinambungan untuk terus dianggarkan dan dilaksanakan. Demi petani lebih terbantu bukan hanya sesaat saja.

“Saat ini sudah mulai didistribusikan. Hari ini di wilayah Kecamatan Loa Kulu, dan Kecamatan Loa janan. Besok akan berlanjut ke Kecamatan Bukit Biru dan seterusnya," katanya.

Ada bantuan yang sedang didistribusikan, di antaranya pupuk organik cair, hingga alat-alat mesin yang digunakan dalam pertanian.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut