get app
inews
Aa
Read Next : Wakil Ketua DPRD Kaltim Jelaskan Pentingnya Kelangsungan Sistem Pangan Negara

Warga Keluhkan Aktivitas Pertambangan PT ABN, Wakil Ketua DPRD Kaltim: Siap Fasilitasi

Rabu, 01 Februari 2023 | 10:34 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun siap memfasilitasi keluhan warga terkait aktivitas tambang batu bara PT ABN yang mengakibatkan hilangnya sumber air bersih. (Foto: dok DPRD Kaltim)

KUTAI KARTANEGARA, iNewsSamarinda.id - Warga Dusun RT 03 Kelurahan Jawa, Kecamatan Sangasanga, Kutai Kartanegara mengeluhkan aktivitas tambang batu bara milik PT Adimitra Baratama Nusantara (ABN) yang mengakibatkan hilangnya sumber air bersih, hingga terganggunya warga karena datangnya monyet dari dalam hutan ke pemukiman.

Salah satu warga, Syahruddin mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya warga yang memiliki kebun buah-buahan biasa menikmati hasil berlimpah hingga bisa menjualnya. Namun, kondisi ini berbeda sejak kehadiran PT ABN.

“Sekarang, jangankan ada buahnya, semua habis diserang monyet dan hama hutan lainnya karena habitat mereka terganggu akibat beroperasinya PT ABN,” katanya.

Menurutnya, sejak dulu pun tidak pernah ada gangguan dari hewan-hewan di hutan meski pemukiman warga dekat dengan perhutanan. “Setelah masuknya PT ABN, hutan habis, habitatnya juga habis. Bahkan monyet sampai melompat ke kos-kosan warga,” kata Syahruddin.

Dia menegaskan, hal demikian kerap disampaikan juga kepada PT ABN. Namun, pihak perusahaan justru balik bertanya tentang keberadaan kebun, dan mengatakan sudah memeriksanya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Samarinda di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut